Pengertian Isotop, Isoton, Dan Isobar

20.08

     Selamat datang di blog saya, kali ini saya share artikel tentang pengertian Isotop, Isoton, dan Isobar. Apakah kalian tahu apa semua itu?

     Pengertian Isotop, Isoton, dan Isobar adalah atom - atom suatu unsur dapat mempunyai nomor atom yang berbeda, karena jumlah neutron dalam atom tersebut berbeda - beda. Selain itu, atom - atom dapat mempunyai nomor massa dan jumlah neutron yang sama.

  • Pengertian Isotop
Isotop adalah atom-atom yang mempunyai nomor atom yang sama, namun mempunyai massa atom yang berbeda atau unsur-unsur sejenis yang memiliki jumlah proton sama, tetapi jumlah neutron berbeda. Diketahui bahwa Nomor atom merupakan identitas dari atom, sehingga setiap atom yang mempunyai nomor atom yang sama maka unsurnya pun sama.
Sebagai contoh, atom –atom yang memiliki isotop dapat dilihat pada tabel di bawah:
  • Pengertian Isobar
Isobar adalah atom-atom yang mempunyai nomor atom yang berbeda (nomor atom berbeda) namun memiliki massa atomnya sama. Contoh atom yang termasuk dalam isobar dapat dilihat pada tabel di bawah:
  • Pengertian Isoton
Isoton adalah atom-atom unsur berbeda (nomor atom berbeda) yang mempunyai jumlah neutron yang sama. Contoh atom yang termasuk dalam isoton dapat dilihat pada tabel di bawah:

Nah semoga bermanfaat, selanjutnya anda bisa share atikel ini untuk berbagi ilmu dengan teman anda melalu Facebook, dll. Terimakasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Peraturan Dalam Berkomentar

> Berkomentarlah yang sopan
> Dilarang meninggalkan link aktif/nonaktif
> Dilarang berkata kotor dalam berkomentar
> Berkomentarlah sesuai topik di atas
> Jika nekat bakal di hapus komentar/di laporkan DMCA
EmoticonEmoticon